Saturday, May 14, 2016

Ulasan Kegiatan Hardiknas FISIP Unud 2016

Menyambut Hari Pendidikan Nasional, Panitia dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana merencanakan sebuah kegiatan positif. Tepatnya pada 7 dan 8 Mei 2016, diadakan lomba HARDIKNAS 2016 yang diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK se-Bali.  Lomba yang diadakan ada 3, yaitu debat, esai, dan karikatur yang bertempat di Gedung Agrokomplek, Kampus Sudirman, Denpasar. Persiapan HARDIKNAS 2016, dimulai dari pembentukan panitia lewat open recruitment pada tanggal 14-17 Maret 2016. Panitia berjumlah 50 orang.   


Pendaftaran peserta dibuka dari tanggal 1-30 April 2016. Jumlah peserta yang mendaftar esai sejumlah 55 peserta, karikatur 17 peserta, dan debat 20 tim.  Rangkaian lomba dimulai dari tanggal 7 Mei yang mana para peserta berkumpul pada pukul 08.00 wita. Kegiatan diawali dengan acara pembukaan kemudian dilanjutkan lomba karikatur dan debat sesi penyisihan. Tanggal 8 Mei dilanjutkan dengan babak semifinal, final, dan grandfinal debat. Setelah lomba debat selesai, dlianjutkan dengan pengumuman masing-masing lomba pada sore hari. Untuk kategori lomba Esai,  Juara 1 Esai diraih oleh Wiwik Purnamiasi (SMAN 1 Gianyar), juara 2 diraih oleh Sri Indrani Remitha (SMAN 2 Amlapura) dan juara 3 diraih oleh Jeany Jayantari (SMAN Bali Mandara). Untuk kategori karikatur, Juara 1 karikatur diraih oleh Adhitya Gunawan (SMAN Bali Mandara), juara 2 diraih oleh Bayu Bhargawa(SMK TI Global), dan juara 3 diraih oleh Ridho Firdaus (SMAN 3 Denpasar) yang sekaligus menjadi karikatur favorit. Untuk kategori lomba Debat, Juara 1 Debat diraih oleh SMAN 1 Denpasar team A, juara 2 diraih oleh SMAN 4 Denpasar team A, dan juara 3 diraih oleh SMAK Harapan. Best speaker dalam pertandingan debat kali ini disabet oleh Ni Luh Dila Diah Paramita (SMAN 4 Denpasar).




Kegiatan lain yang dilanjutkan para panitia ialah kunjungan yang diadakan di Kabupaten Karangasem. Sasarannya adalah anak SD Negeri 7 Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem pada tanggal 14 mei 2016 mulai pukul 09.00 WITA. Disana terdapat lebih dari 50 siswa SD, yang terdiri dari kelas 1 hingga kelas 6. Kegiatan ini bekerjasama dengan komunitas Anak Alam yang diketuai oleh Bli Pande. Ditemani dengan panitia, setiap kelas diberikan waktu satu jam untuk melakukan games dan berbagi hadiah dengan para siswa. Hadiah yang diberikan berupa buku tulis, pulpen dan alat tulis lainnya. Acara kunjungan ini selesai pukul 12.00 siang dan para siswa dipersilahkan meninggalkan sekolah. Berakhirnya kunjungan ke SD 7 Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, juga mengakhiri rangkaian kegiatan lomba HARDIKNAS 2016.
Dept. Media Kreatif BEM FISIP UNUD. Powered by Blogger.