Tuesday, December 2, 2014

Review LKMM TD 2014



Apa kabar sahabat muda Udayana, terutama kawan-kawan Maroon? Hari ini, di penghujung bulan November, BEM FISIP Unud mengadakan kegiatan LKMM yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru 2014 juga beberapa mahasiswa lama yang bertempat di lantai empat gedung agrokompleks Sudirman. Kegiatan ini mempunyai tema “ Mengasah Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa FISIP yang Sederhana, Visioner dan Inovatif”. Acara LKMM pada tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun yang sebelumnya. Jika biasanya acara full diisi dengan talkshow, namun kali ini dikemas dengan perpaduan talkshow dan games.







         Talkshow dimoderatori oleh Diah, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2013 dan pembicara yang tak luar biasa yaitu Kak Dewangga Selangga, mantan Presiden BEM UNUD tahun 2013. Selain ada Kak Dewangga, acara diisi oleh pembicara yang keren abis,yaitu  Kak Pande pendiri Anak Alam. Antusias dari peserta sangatlah luar biasa, apalagi ketika para pembicara menyampaikan materinya. Banyak hal yang disampaikan oleh Kak Dewangga maupun Bli Pande mengenai kepemimpian. Namun hal yang paling seru yaitu ketika Bli Pande menyampaikan materi dengan gayanya yang simple tapi berbobot. Dia juga menunjukkan beberapa video mengenai aktivitasnya di dunia pendidikan dan anak. Suasana LKMM menjadi semakin bersemangat








Banyak sekali mahasiswa yang berantusias bertanya ketika sesi tanya jawab. Ada yang bertanya soal idealisme, bagaimana jadi pemimpin yang baik dan sebagainya. Sesi talkshow ditutup dengan pesan-pesan dari Kak Dewangga yang mengatakan bahwa pemuda itu harus punya idealisme. Beliau berharap mahasiswa FISIP mampu meraih cita-citanya sehingga dapat bertemu di puncak kesuksesan. Begitupun Kak Pande, dengan segala pengalaman,wejangan dan nasihat yang diberikannya kepada seluruh peserta, poin yang paling mengena ialah pesannya mengenai perubahan. Beliau mengatakan bahwa kemenangan ialah ketika kita mau memulai, dan lebih baik melakukan hal yang kecil tapi berimbas besar daripada melakukan hal besar tapi nol hasilnya. Kak Pande juga berpesan agar kita ingat dan berbuat untuk kebudayaan , serta bangga menjadi Indonesia.













Acara LKMM tak hanya sampai di talkshow saja, namun dilanjutkan dengan permainan dan games yang seru. Adapun games dilakukan dalam empat pos. Pos pertama peserta LKMM memainkan games hulla hup dan bollo bolloo, pos kedua ada permainan Human Bridge dan spider hole, di pos ketiga suit dan transform serta permainan ular-ularan dan angka di pos terakhir. Para peserta tidak hanya sekedar bersenang-senang, namun setelah games selesai,  peserta diarahkan ke sesi diskusi pararel untuk memperkuat jalinan antar ormawa FISIP. Adapun pembicara dalam diskusi pararel ini antara lain ketua BPM FISIP Ika, ketua HMPS Sosiologi Indra, ketua HMPS Hubungan Internasional Rahardyan, perwakilan HMPS Administrasi Negara Alit, dan wakil Ketua HMPS Ilmu Komunikasi Arik.





























Dari sesi pertama yaitu talkshow sampai sesi terakhir yaitu diskusi, kegiatan berjalan lancar dan sangat menyenangkan. Sebelum upacara penutupan dilangsungkan, panitia mengumumkan peserta LKMM Terbaik, yang jatuh kepada Komang Apridiana. Wahhh, selamat.hehehe



Itu tadi laporan mimin tentang kegiatan LKMM TD. Sampai berjumpa di laporan berikutnya. Tetap berkarya dan Unity To Glory! FISIP!


Untuk dokumentasi lengkap dapat dilihat melalui link di bawah ini:

Foto   : klik disini
Video : klik disini
Dept. Media Kreatif BEM FISIP UNUD. Powered by Blogger.