Tuesday, September 2, 2014

Diary GRAFIS 2014




Gema Restorasi Fisip 2014 (Grafis 2014) merupakan proses perkenalan kampus yang diadakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana. Grafis tahun ini mengambil tema “Mewujudkan Kesadaran dan Pemahaman Esensi Mahasiswa Fisip Sebagai Penggerak Kehidupan Bangsa Yang Bermanfaat”, Serta menekankan tiga garis besar diantaranya penyadaran, pemahaman, dan pergerakan. 




Serangkaian acara pada kegiatan Grafis merupakan awal pembentukan karakter bagi calon mahasiswa Fisip. Pendaftaran Grafis 2014 dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada 6, 7,8, dan 10 Agustus 2014 mulai pukul 08.00 Wita hingga 14.00 Wita. 


Peserta yang mendaftar melalui gelombang pertama diantaranya adalah peserta yang melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Diploma. Sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada 18 Agustus 2014 untuk peserta yang lolos jalur mandiri. Dalam pendaftaran kali ini terdapat orang tua peserta yang mendaftarkan anaknya.


Pengumpulan peserta Grafis 2014 melalui gelombang pertama untuk pertama kalinya dilaksanakan pada 11 Agustus 2014. Sebelum masuk peserta diberikan nomor urut dan menunggu di ruangan peserta yang telah disediakan




Panitia melakukan sidak kepada peserta sesuai nomor urut kedatangan. Peserta diharuskan menggunakan pakaian bebas rapi dan membawa seluruh berkas-berkas yang telah diumumkan pada saat pendaftaran. 



Selain barang-barang yang telah ditentukan, ada mahasiswa yang membawa charger, kamera, benda tajam, dan alat make up. Barang-barang yang tidak sesuai ketentuan akan dikembalikan pada sore hari bertempatan dengan acara pengumuman penugasan yang pertama. Adapun penugasan pertama ini diantaranya adalah tugas pembuatan name tag, buku tugas, buku catatan, dan juga buku pedoman. 


Seluruh penugasan tersebut harus dibawa pada 12 Agustus 2014 mulai pukul 08.00 hingga 14.00 Wita untuk dilakukan pengecapan tugas. Peserta dikumpulkan tanggal 12 Agustus untuk pengecapan. Pada hari itu peserta telah diwajibkan untuk memakai baju putih celana hitam dan berbagai ketentuan yang telah diberikan. Sebelum memulai pengecapan peserta dikumpulkan terlebih dahulu di depan gedung C, dan kemudian dibariskan sesuai dengan nomor urut yang telah diberikan. 



Peserta kemudian berbaris menuju lantai IV Lab Bersama. Disana mereka dikumpulkan terlebih dahulu di dalam ruangan. Setelah dikumpulkan mereka dibawa ke ruang penyidakan untuk memeriksa kerapian dan kelengkapan atribut mereka. Setelah dianggap tidak melanggar mereka dilanjutkan untuk menuju ke ruang pengecapan. 





Namun, tidak seluruh peserta dapat dengan mudah menyelesaikan tugas dalam satu hari. Beberapa peserta harus pergi untuk melengkapi bahan-bahan yang diperlukan, membuat kembali tugas-tugas mereka yang salah, dan bahkan mereka harus kembali pada 13 Agustus untuk melanjutkan menyelesaikan tugas pertama. Ada salah satu peserta dari prodi Ilmu Politik dinyatakan tidak lulus Grafis karena telah melecehkan proses orientasi melalui media sosial Twitter. 


Pada tanggal 13 Agustus pukul 15.00 Wita seluruh peserta kembali berkumpul di Auditorium Lab bersama Universitas Udayana untuk pengumuman penugasan individu dan kelompok. 


Pada saat itu juga peserta yang tidak hadir pada pengumpulan kegiatan Dies Natalis 2014 dan peserta yang belum mengambil kembali barang yang disita panitia dibariskan di depan seluruh peserta Grafis. Selain itu terdapat beberapa peserta yang tidak konsentrasi dan mencatat tugas-tugas yang di berikan di buku tugas mereka.




Pada tanggal 19 Agustus 2014 diadakan pendaftaran ulang di kampus Fisip khusus untuk peserta dengan jalur mandiri atau pun telat mendaftar pada gelombang pertama. 


Tidak jauh berbeda dengan peserta gelombang pertama, peserta gelombang kedua pun masih banyak yang melanggar atau pun membawa barang yang tidak sesuai ketentuan. Bahkan peserta perempuan yang membawa make up jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang sebelumnya. Tidak hanya itu, beberapa peserta pun masih diantar bahkan ditunggu dengan orang tua. 






Ada pula peserta wanita yang memakai pakaian dan warna rambut yang tidak sesuai ketentuan. Peserta tersebut juga membawa alat make up berlebihan. Selain itu ada salah satu peserta yang sudah jelas melanggar karena menggunakan make up berlebihan namun berani melabrak panitia. 



Pukul 15.00 Wita, sama seperti gelombang pertama peserta dikumpulkan kembali untuk diberikan pengumuman penugasan pertama.








20 Agustus 2014 peserta Grafis gelombang kedua datang kembali untuk melakukan pengecapan tugas. Mahasiswa terlebih dahulu dikumpulkan di depan Gedung C untuk mengambil nomor urut. 


















Peserta kemudian diarahkan ke dalam ruangan peserta untuk menunggu sesuai dengan nomor urut yang didapat. Mereka kemudian menjalani pemeriksaan dan kelengkapan atribut. 
















Setelah lolos mereka masuk ke ruang pengecapan dan memeriksa kembali tugas-tugas mereka apakah telah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah diberikan. 






Tidak semua peserta dengan mudah mengerjakan tugas yang diberikan. Mereka harus bolak-balik untuk melengkapi barang yang dibutuhkan kemudian dikerjakan di ruangan yang telah disediakan panitia. Bahkan panitia termasuk ketua panitia juga turut membantu peserta menyelesaikan tugas-tugas mereka.




Namun tidak semua peserta mengerjakan di ruang tersebut, beberapa peserta mengerjakan di rumah. Para peserta tersebut kemudian dikumpulkan dalam satu ruangan. 


Ada kejadian yang berbeda dari gelombang pertama, salah satu peserta membuat surat pernyataan untuk rela dicukur oleh panitia. Tentunya dengan persetujuan antara peserta dan pihak panitia. Panitia sempat meminta peserta ini untuk bercukur di luar, namun peserta ini yang meminta untuk dicukur langsung oleh panitia.


Selain itu, peserta yang mengecap pada detik-detik akhir batas waktu yang telah diberikan juga berfoto dengan panitia pengecapan dengan wajah kelelahan.


Pukul 15.00 Wita kembali dilakukan pengumpulan untuk diberikan pengumuman penugasan individu dan kelompok. Namun kali ini pengumuman penugasan dilakukan di depan Gedung C FISIP Udayana.




21 Agustus 2014 dilakukan pencarian tanda tangan panitia Grafis dan seluruh ormawa di FISIP seperti BPM, BEM, Linimassa, IMSOS, KOMAHI, KOMIK, PMAN, HIMPUS, dan COMPASS. Pencarian tanda tangan ini bertujuan untuk lebih mengenal panitia dan seluruh ormawa. 








Peserta GRAFIS 2014 menggunakan pakaian batik dan celana hitam sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh panitia. Penugasan ini dibagi menjadi dua shift: shift pertama yaitu gugus 1 – 5 pada pukul 08.00 – 11.00, dan shift kedua yaitu gugus 6 – 10 pada pukul 11.00 – 14.00. Sebelum mendapatkan tanda tangan, perserta Grafis juga harus melakukan tantangan yang diberikan. Ada yang menari, makekawin, menjawab soal-soal yang diberikan kakak-kakak panitia, menyanyi, dan bahkan foto dengan wajah yang lucu






















































Pada tanggal 23 Agustus 2014, Seluruh panitia GRAFIS 2014 mengadakan pengumpulan peserta di Areal rektorat Bukit Jimbaran. Adapun tujuan pengumpulan mahasiswa ini adalah untuk memberikan informasi-informasi tambahan yang akan disampaikan.
  










Panitia terlebih dahulu berkumpul di Kampus FISIP Sudirman, dan kemudian berangkat bersama-sama ke bukit jimbaran.
























Sesampainya di sana, kami menunggu peserta dan kemudian membariskan peserta di areal yang telah ditentukan oleh panitia Student Day Universitas 2014.







































































































Koor Pangus GRAFIS 2014 dan Ketua Kontigen Dies FISIP memberikan berbagai pengumuman-pengumuman penting untuk peserta.






Setelah pengumpulan, kami kembali lagi ke Kampus Sudirman




Hari puncak pelaksanaan Grafis 2014 diadakan pada 27 Agustus 2014. Peserta diwajibkan datang pukul 06.00 Wita. Sebelum peserta memasuki ruangan, peserta terlebih dahulu disidak oleh panitia untuk memastikan peserta melengkapi atribut yang telah ditentukan sekaligus pengumpulan tugas di depan Gedung C. 





Setelah pemeriksaan, peserta kemudian diarahkan ke Lt. IV Lab Bersama untuk pengumpulan. Peserta diwajibkan untuk membawa roti dan air mineral yang kemudian harus dihabiskan saat itu juga. Peserta juga kembali diperiksa kelengkapannya dan setiap kesalahan yang dilakukan langsung dicatat di nametag mereka

































Acara pembukaan dimulai pukul 07.30 Wita yang juga dihadiri oleh Dr. Drs. I Gusti Putu Bagus Suka Arjawa, M.Si selaku Dekan FISIP Universitas Udayana, Dr. Piers Andreas Noak, SH., M.Si selaku Pembantu Dekan III, Ketua BPM FISIP Universitas Udayana, Ketua BEM FISIP Universitas Udayana, Ketua LPM FISIP Universitas Udayana dan ketua atau pun perwakilan HMPS di lingkungan Fisip Universitas Udayana. GRAFIS 2014 dibuka dengan penyematan nametag peserta oleh Dekan FISIP Udayana Dr. Drs. I Gusti Putu Bagus Suka Arjawa beserta ketua panitia GRAFIS 2014 Zaenal Arifin.








Pembicara stadium general I adalah Ibu Kadek Dwita mengambil tema “Membentuk dan Menyadarkan Mahasiswa FISIP yang Sebenarnya”. Stadium general II diberikan oleh Aji Prakoso yang merupakan mantan Presiden BEM PM Universitas Udayana mengambil tema “Memberikan Pemahaman Fungsi Mahasiswa sebagai Penyambung Lidah Rakyat yang Responsif”.








Peserta yang tidak memperhatikan Stadium General diminta untuk menyampaikan kesimpulan dari Stadium General I dan II




Setelah stadium general, acara selanjutnya adalah presentasi social project dari tiga gugus terbaik dalam social project.












Peserta GRAFIS 2014 juga diminta untuk menempel pesan-pesan dan cita-cita setelah lulus dari FISIP di kertas origami dan ditempel di tempat yang telah disediakan panita






















Setiap gugus juga mengirim satu perwakilan untuk lomba orasi dengan waktu masing-masing lima menit.







Pukul 13.45 Wita dilaksanakan perkenalan seluruh Ormawa di lingkungan FISIP mulai dari BEM, BPM, LPM, serta seluruh HMPS. Perkenalan Ormawa ini dibuat menarik dengan pemutaran video yang dibuat oleh masing-masing Ormawa.



Perkenalan HMPS selanjutnya dilakukan sesuai dengan program studi masing-masing.






Acara Grafis pada hari pertama ditutup dengan pengumuman untuk Grafis pada hari kedua.








Grafis 2014 hari kedua dimulai tidak berbeda dengan hari pertama. Peserta diwajibkan datang tepat waktu pada pukul 06.00 Wita dengan atribut yang telah ditentukan. Peserta dikumpulkan terlebih dahulu di depan Gedung C dan merapikan alat-alat kebersihan mereka










Peserta kemudian diarahkan ke Lt. IV Lab Bersama dan dilakukan pengumpulan mahasiswa sebelum memasuki aula. Disini peserta diperiksa atribut-atribut yang mereka bawa dan kelengkapan mereka.













Acara pertama pada hari kedua ini adalah stadium class. Pembicara pada stadium class antara lain Putra Ardika, Widyartha Suryawan, Lazuardi Aditya, Wiweka Abhicanika, Imma Triana, dan Clara Listya Dewi.



Di sela-sela stadium class, terdapat seorang mahasiswi yang melanggar ketentuan celana ciut dua kali.



Saat stadium class berakhir, acara selanjutnya adalah pensi nusantara dengan waktu 8 menit untuk masing-masing gugus, dan kemudian dilanjutkan dengan lomba debat.














Pada siang hari dilakukan FISIP Clean and Green 2014 yang merupakan acara kerja bakti di seputaran lingkungan FISIP.



Acara kemudian dilanjutkan dengan simulasi rapat kordinasi nasional 2014 mengambil tema “Membangun Indonesia yang Bermanfaat” dilakukan selama 90 menit.





Acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman juara-juara dalam GRAFIS 2014. Adapun Gugus Terbaik adalah Gugus 7, Mahasiswa terbaik jatuh kepada Daniel (Gugus 3), Mahasiswi Terbaik jatuh kepada Hana (Gugus 8), Pensi terbaik jatuh kepada Gugus 8, Orasi terbaik jatuh kepada Gugus 9, Social Project terbaik jatuh kepada Gugus 9, Debat terbaik jatuh kepada Gugus 7, Album Terbaik jatuh kepada Gugus 4, dan Buku Tugas Terbaik jatuh kepada Widya. 























Sebelum acara hari kedua berakhir, terlebih dahulu dilakukan pemutaran video ulasan kegiatan Grafis yang dibuat oleh panitia dan dilanjutkan oleh perkenalan seluruh panitia Grafis





















            Seluruh peserta Grafis kemudian diarahkan ke luar aula untuk pengumuman siapa saja yang lolos GRAFIS 2014 dan siapa yang harus lulus bersyarat dengan mengerjakan tugas-tugas yang akan diberikan nanti. Dalam pengumuman ini juga disampaikan siapa-siapa saja yang tidak lengkap mengerjakan tugas, memalsukan tanda tangan, tugasnya sama dengan tugas temannya, dalam satu buku tugas terdapat tulisan yang berbeda, dan lain sebagainya. Bagi mahasiswa yang lulus bersyarat sertifikat GRAFIS mereka dirobek oleh panitia.



























Acara Grafis 2014 ditutup oleh Pembantu Dekan III, Dr. Piers Andreas Noak, SH., M.Si. Dilakukan pelepasan nametag yang diwakili oleh I Komang Ananta Wiranata dan Ni Putu Ayu Indrawati, yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta Grafis 2014 sebagai tanda berakhirnya acara Grafis 2014. Setelah selesai acara penutupan selesai, dilanjutkan dengan pengumuman juara baik gugus maupun individu.










Setelah dilaksanakannya Grafis 2014 ini diharapkan peserta Grafis menjadi insan maroon yang lebih mandiri yang dapat melepaskan sifat-sifat kurang disiplin di SMA, menjadi pribadi yang lebih kreatif, inovatif, mental yang lebih kuat, dan mampu melatih kemampuan diri dalam bekerja disaat tekanan.  Semoga kegiatan Grafis dapat berdampak positif bagi semua pihak yang terlibat dan menjadi pengalaman berharga bagi kita semua. Selamat datang mahasiswa baru, selamat bergabung di kampus maroon. UNITY TO GLORY, FISIP !!!

Untuk Dokumentasi GRAFIS dapat dilihat di Album Facebook BEM FISIP Udayana atau dapat dilihat melalui link di bawah ini:
  1. Pendaftaran Pertama Jalur SBMPTN dan SNMPTN disini
  2. Registrasi Ulang Peserta Jalur SBMPTN dan SNMPTN dan Pengumuman Pengugasan Kelompok disini
  3. Pengecapan Tahap I Peserta GRAFIS 2014 Jalur SBMPTN dan SNMPTN disini
  4. Pengecapan Tahap II Peserta GRAFIS 2014 dan Pengumuman Penugasan Individu Jalur SBMPTN dan SNMPTN disini
  5. Pengumpulan Formulir dan Pengumuman Penugasan Kelompok Jalur PMDK disini
  6. Pengecapan Peserta GRAFIS 2014 Jalur PMDK disini
  7. Pencarian Tanda Tangan Ormawa di Lingkungan FISIP dan Panitia GRAFIS 2014 disini
  8. Pengumuman di Bukit Jimbaran disini
  9. Pembagian Kontribusi dan Persiapan GRAFIS 2014 disini
  10. GRAFIS 2014 Hari I disini
  11. GRAFIS 2014 Hari II disini
Untuk Video Perkenalan Ormawa FISIP dapat dilihat melalui link di bawah ini:
  1. BEM FISIP Udayana 2014 Disini
  2. BPM FISIP Udayana 2014 Disini
  3. LPM Linimassa 2014 Disini
  4. KOMAHI 2014 Disini
  5. IMSOS 2014 Disini
  6. KOMIK 2014 Disini
  7. PMAN 2014 Disini
  8. COMPASS 2014 Disini
  9. HIMPUS 2014 Disini

Untuk Video Social Project GRAFIS 2014 dapat dilihat melalui link di bawah ini:


  1. Social Project Gugus 1 disini
  2. Social Project Gugus 2 disini
  3. Social Project Gugus 3 disini
  4. Social Project Gugus 4 disini
  5. Social Project Gugus 5 disini
  6. Social Project Gugus 6 (belum tersedia)
  7. Social Project Gugus 7 disini
  8. Social Project Gugus 8 disini
  9. Social Project Gugus 9 disini
  10. Social Project Gugus 10 disini

NB: Untuk Gugus 6 dapat mengirim Video Social Project di Asta (085792148051) agar dapat dipublikasi
















































































Dept. Media Kreatif BEM FISIP UNUD. Powered by Blogger.