Friday, May 23, 2014

Materi FISIP Discussion Club 26 Mei 2014

FISIP DISCUSSION CLUB
26 MEI 2014
‘MAHASISWA: THE AGENT OF CHANGE’


       Mahasiswa sebagai ‘agent of change’ memiliki peran kontrol terhadap kebijakan pemerintah. Semakin kompleksnya permasalahan yang muncul seiring berjalannya kebijakan tersebut membuat kita sebagai mahasiswa tidak dapat menutup mata terhadap keadaan yang sedang terjadi. Mahasiswa harus memaksimalkan perannya sebagai kontrol pemerintah untuk menyuarakan pendapatnya tidak hanya melalui demonstrasi, namun juga secara intelek mengkritisi kebijakan pemerintah melalui coretan pena. Namun, merubah kebijakan menjadi lebih adil dan pro rakyat tidak bisa terjadi hanya semata-mata akibat aksi mahasiswa. Posisi pemerintah sebagai pembuat kebijakan inilah yang seringkali disayangkan oleh mahasiswa, dimana kebijakan pemerintah tersebut hanya sekedar hitam diatas putih semata tanpa ada pembuktian nyata dan perubahan kearah yang lebih baik.


       Sudah banyak kasus aksi mahasiswa yang berujung kericuhan, salah satu kasus yang menjadi fokus diskusi kali ini adalah mengenai kasus Tragedi Trisakti pada 12 Mei 1988. Tragedi Trisakti ini terjadi akibat memuncaknya aksi mahasiswa yang menuntut agar Soeharto dan pemerintahannya mundur dari jabatannya, serta menghapuskan rezim orde baru. Kejadian ini menjadi refleksi bagi kita sebagai mahasiswa bahwa kebijakan pemerintah dan kesejahteraan rakyat harus berjalan harmonis. Mahasiswa sebagai agent of change tidak harus menanggapi setiap isu pemerintah hanya dengan melakukan aksi demonstrasi semata, namun yang menjadi PR kita saat ini adalah bagaimana menumbuhkan harmonisasi antara kebijakan pemerintah dan mahasiswa sebagai agen yang memiliki intelektual untuk sama-sama membangun Indonesia lebih baik kedepannya.


       Dengan fokus materi diskusi ini, diharapkan nantinya kita sebagai mahasiswa dapat mengambil pelajaran  bahwa kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat hanya akan menimbulkan ketidakharmonisan antara pemerintah dan rakyat saja, dan semoga Tragedi Tri Sakti menjadi refleksi bagi kita semua untuk lebih menyadari peran mahasiswa sebagai agent of change. 
Dept. Media Kreatif BEM FISIP UNUD. Powered by Blogger.